Logo

Desa Banggae

Kabupaten Takalar

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Menjelang Lebaran, Pemdes Banggae Salurkan BLT DD Bulan Januari-Maret T.A. 2024

Menjelang Lebaran, Pemdes Banggae Salurkan BLT DD Bulan Januari-Maret T.A. 2024

6 April 2024
Ditulis oleh FAISAL SIBALI, S.Pd.I
Dilihat 168 kali

Banggae Info -- Pemerintah Desa (Pemdes) Banggae Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Bulan Januari-Maret Tahun Anggaran (TA) 2024 di Aula Kantor Desa Banggae (05/04/2024).

BLT DD ini merupakan salah satu program yang diprioritaskan untuk dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia (RI) Nomor 146 Tahun 2023 tentang Pengalokasian Dana Desa Setiap Desa, Penyaluran, Dan Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2024 Pasal 16 ayat 2 huruf a.

Program ini menyasar setidaknya 5 kategori sesuai PMK 146 tersebut. Yaitu (1) kehilangan mata pencaharian; (2) mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/ atau difabel; (3) tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan; (4) rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia; dan/ atau (5) perempuan kepala keluarga dari keluarga miskin.

Diharapkan program ini tepat sasaran dan dimanfaatkan secara maksimal dalam rangka mendukung penurunan persentase tingkat kemiskinan ekstrim. Hal ini disampaikan oleh  Ketua BPD Banggae dalam sambutannya.

"Ini program memang harus Pemdes anggarkan dan menjadi prioritas karena kita dituntut agar bagaimana persentase tingkat kemiskinan ekstrim itu turun bahkan target pemerintah pusat dalam RPJMN nya itu Tahun 2024 sudah 0% untuk masyarakat dengan kategori miskin ekstrim. Olehnya itu kita harus pastikan ini tepat sasaran" Jelasnya.

Hal senadah juga disampaikan oleh Kepala Desa Banggae.

"Saya berharap khususnya untuk Masyarakat Desa Banggae tidak ada lagi yang masuk kategori miskin ekstrim. Maka dari itu mohon kerjasamanya semua pihak baik dari Perangkat Desa, Pendamping Desa, BPD, LPM, PKK, Karang Taruna dan seluruh stakeholder di lingkup Desa Banggae" Harapnya.

Untuk diketahui, program ini akan berlangsung selama satu tahun atau 12 bulan di tahun 2024 yang skema penyalurannya setiap 3 bulan sekali dengan total anggaran sebesar 54 Juta Rupiah Bersumber dari Dana Desa.


(NK) 

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Banggae

Kecamatan Mangarabombang

Kabupaten Takalar

Provinsi Sulawesi Selatan

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia