Logo

Desa Banggae

Kabupaten Takalar

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Tingkatkan Ketahanan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan, Pemdes Banggae Serahkan Bantuan Itik Petelur

17 September 2023
Ditulis oleh Zaenal, S.Mat.
Dilihat 64 kali

Banggae Pemerintah Desa Banggae menyerahkan bantuan itik petelur beserta mesin penetas kepada Masyarakat Desa Banggae. Hal ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program prioritas ketahanan pangan dan hewani nasional APBDes 2023 serta peningkatan ekonomi kerakyatan.

Penyerahan bantuan Itik petelur tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Desa Banggae, Faisal Sibali di salah satu rumah warga, Sabtu (16/9). Acara itu dihadiri oleh salah satu pengusaha ternak itik dan stakeholder Desa Banggae.

Kepala Desa Banggae Faisal Sibali dalam arahannya mengatakan bahwa Program Ketahanan Pangan Hewani dalam bentuk penyerahan bantuan Itik petelur beserta mesin penetas dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 Tahun 2022 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2023 yang mengamanatkan setiap desa memanfaatkan 20 persen Paling Sedikit Dana Desa untuk program Ketahanan Pangan dan Hewani serta mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan.

Pada APBDes 2023 kali ini, Pemerintah Desa Banggae menganggarkan senilai Rp. 10.00.000 untuk penyerahan Itik petelur beserta mesin penetas, dengan jumlah penerima sebanyak 10 masyarakat di Desa Banggae. Setiap penerima diberikan bantuan 10 ekor itik serta 2 buah mesin penetas yang digunakan secara gotong royong.

"Penyerahan bantuan Itik petelur beserta mesin penetas ini, dijadikan program ketahanan pangan hewani Desa Banggae. Bantuan Itik petelur beserta mesin penetas, bukan hanya bantuan secara cuma - cuma dan jangka pendek yang diberikan kepada masyarakat, tetapi bagaimana kita mendorong kemandirian ekonomi dan produktivitas bagi masyarakat," katanya.

Disebutkan, masyarakat diminta untuk mengembangkan bantuan ternak itik ini secara berkesinambungan, dimana manfaatnya untuk jangka panjang. Salah satu tujuan program ini adalah untuk pemulihan ekonomi bagi Masyarakat Banggae. "Semoga bantuan Itik ini dapat memberikan dampak yang baik bagi kesejahteraan masyarakat Desa Banggae ke depan," harapnya.

Pewarta : Nakku

Editor: Nakku

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Banggae

Kecamatan Mangarabombang

Kabupaten Takalar

Provinsi Sulawesi Selatan

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia